Manga Kingdom, Bukan Manga Biasa

Sumber : Wikipedia
Siapa yang tidak kenal manga Dragon Ball, karya legendaris yang sudah banyak menghiasi bunga tidur anak-anak di hampir seluruh pelosok planet ini. Mulai dari adegan pertarungan Son Go Ku versus Picollo, hingga percintaa Vegeta dengan Bulma.
Belum lagi manga One Piece karya Eichiro Oda, si Jenius mangaka.
Sudah berapa juta pasang mata menunggu update karya Oda setiap minggu. Hingga serial anime One Piece pun di download dengan rutinnoleh fans fanatiknya. Kadang dengan menyedot kuota, ataupun dengan modal wifi gratis milik tetangga.
Belakangan ini muncul manga yang berbasis sejarah : kingdom. Sebuah manga yang berbeda dari manga kebanyakan. Seni Martial Arts yang digambarkan tidak selebay kemampuan tempur tokoh Natsu dalam Fairy Tail atau Hero lain dalam manga action.
Tak hanya menyajikan pertarungan antar hero, manga Kingdom juga memberikan suguhan strategi perang. Banyak chapter yang menggambarkan hal ini.
Kalau penulis, lebih menyukai strategi perang yang dibuat oleh tokoh brutal bernama Kanki. Salah seorang jenderal perang dari Kerajaan Qin. Selain menyuguhkan perang urat syaraf, Kanki juga menggunakan strategi perang suku yang banyak mengisi formasi pasukannya.
Sedangkan tokoh sentral dari manga ini adalah Sin (Dalam sejarah cina kuno Jenderal Lu Xin). Seorang budak yang sangat berlebihan cita citanya. Menapaki karir prajurit dari bawah. Berangsur menjadi komandan 100 prajurit, 300 prajurit, 1000 prajurit dan terakhir 3000 prajurit. Sementara satu langkah lagi menjadi jenderal karena membawahi akan membawahi 5000 prajurit.
Sementara ini, dalam penggambaran yang lebih luas, manga ini bercerita tentang perang penyatuan China oleh Kaisar Cina pertama.  Dalam manga ini digambarkan dengan sosok Seng yang merupakan sahabat akrab Sin. Jadi, Sin si budak bersahabat dengan Seng, si Raja Qin.
Banyak antagonis dalam manga ini. Mulai dari lawan politik hingga lawan perang fisik.
Penyebutan gelar yang khas juga banyak tergambar pada manga ini. Misalnya enam naga qin untuk julukan enam jenderal paling terkenal dalam sejarah Qin. Ada juga tiga Raja Langit untuk tiga jenderal perang dari kerajaan Zao. Meski sebenarnya saya ragu apakah sebutan yang saya tulis itu sesuai dengan apa yang ada pada manga.
Btw, saat blog ini di posting, Kerajaan Qin dibawah pimpinan jenderal dingin bernama Ousen sedang berusaha melumpuhkan musuh bebuyutannya, Kerajaan Zao yang dipimpin oleh Perdana Menteri cerdas dan karismatik : Rinboku.
Saya tidak yakin kalau Sin Cs akan menang dalam perang ini.
---
Perjalanan Kepahiang Bengkulu
19 Juni 2019

No comments: