Sanji vs Zoro : Siapa Lebih Kuat?

Bagi sebagian fans One Piece, tidak mudah membandingkan kekuatan Sanji dan Zoro. Fans Zoro tentu akan mengatakan Zoro lebih kuat disbanding Sanji. Demikian juga sebaliknya, Fans Sanji akan mengatakan bahwa Sanji lebih kuat dibandingkan Zoro. Mengingat keduanya masuk dalam tiga terkuat kru Topi Jerami. Selain tidak akur, keduanya juga memiliki style petarung yang berbeda. Zoro menggunakan tiga pedang (Santoryu). Sedangkan Sanji hanya menggunakan Kaki.
Sering kali keduanya berkelahi di atas kapal yang endingnya selalu di’damai’kan oleh Nami. Baik dengan pukulan atau dengan perintah yang selalu diikuti oleh Sanji namun ditolak oleh Zoro. Mungkin dari sinilah awal ketidak-akuran mereka berdua. Sanji sangat gila dengan perempuan. Yach, Zeff si Kaki Merah memang memberikan dogma kepada Sanji agar tidak menyakiti perempuan. Ini aturan sejak Zaman Dinosaurus.
Demikian kata Zeff. Sedangkan Zoro sangat tidak suka diperintah oleh perempuan. Meski ujung-ujungnya ia tetap menjalankan perintah yang diberikan Nami ataupun Robin. Kejadian penangkapan burung South Bird di Pulau Jaya misalnya. Robin satu tim dengan Zoro. Ada kejadian dimana Zoro tidak menuruti perintah Robin yang akhirnya malah terjebak dalam lumpur hisap. Akhirnya mau tidak mau Zoro mengikuti kemauan Robin.
Posisi Zoro sebagai orang pertama yang direkrut oleh Lufy kadang dianggap nilai lebih tersendiri di mata fans One Piece. Layaknya Rayleigh yang direkrut pertama kali oleh Gol D Roger dan disebut sebagai Wakil Kapten. Zoro juga disebut wakil kapten. Di Whiskey Peak misalnya, Zoro dikira sebagai kapten sesungguhnya oleh seratus anggota Baroque work. Sedangkan Lufy hanyalah bayangan saja.
Track Record  Zoro sebagai Pirates Hunter sebelum menjadi kru Topi Jerami juga menjadi nilai tersendiri. Namanya memang sudah sedikit terkenal dibandingkan Kru yang lain. Termasuk Lufy yang sebelumnya memang tinggal di daerah terpencil bersama Dadan si Bandit Gunung. Memang saat itu belum bisa mengalahkan ketenaran Nico Robin yang dari kecil sudah dibandrol harga tinggi. Tapi tetap saja, Zoro sudah dikenal ‘kejam’ dan kuat sejak sebelum direkrut Lufy.
Tak hanya itu, Zoro juga dilatih oleh Sichibukai Takanome No Mihawk yang tak lain rivalnya sendiri. Mihawk dianggap sebagai ahli pedang terkuat di dunia yang harus dikalahkan oleh Zoro jika ia ingin menjadi ahli pedang terkuat. Sayangnya belakangan ini ada spekulasi bahwa Mihawk bukanlah ahli pedang terkuat. Bisa jadi salah satu anggota Gorousei lebih kuat dari Mihawk. Agaknya Oda (Pembuat Manga One Piece) tetap merahasiakan hal ini. Bukankah karena itu komik ini jadi menarik? Dilatih oleh Mihawk tentu memberikan tambahan keahlian dan juga kekuatan tersendiri bagi Zoro.
Hal lain yang masih menjadi pertanyaan adalah masa lalu Zoro yang sebenarnya. One Piece hingga saat ini menggambarkan bahwa Zoro kecil berlatih di Dojo dan bersaing dengan Kuina. Tapi keturunan siapa Zoro sebenarnya, belum ada yang tahu. Lagi pula saat ini Zoro pergi ke Kerajaan Wano dimana Samurai pasti banyak di sana. Siapa tahu masa lalu Zoro akan terungkap di sini. Mungkin saja Zoro keturunan Shogun Kaktus. Sebab itu kepalanya berwarna hijau. Hehehe
Sedangkan Sanji belakangan ini diketahui merupakan keturunan dari Judge Germa. Bangsawan North Blue yang terkenal kejam. Sejak kecil dilatih untuk menjadi pasukan hebat. Sayangnya Sanji dianggap produk gagal. Benarkah Sanji produk gagal? Kemampuan Sanji mengalahkan Yonji itu fakta. Namun apakah kemampuan itu didapat dari latihan Sanji di masa kecil, agaknya ini perlu disangsikan. Toh Sanji sudah terlampau sering ‘dilatih’ oleh Zeff.
Ada yang bilang jika Sanji menggunakan tangannya ia akan memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan saat ini. Memang benar Sanji hanya menggunakan kakinya untuk bertarung. Tangannya adalah harta berharga baginya. Jika tangannya terluka, bagaimana bisa ia memasak untuk kru Topi jerami? Tapi bisa saja justru dengan hanya menggunakan kaki kekuatan Kuroashi semakin terfokus. Bukankah begitu?
Jika Zoro dilatih oleh Mihawk, maka Sanji dilatih oleh kaum LGBT dunia One Piece alias penghuni Kerajaan Kamabakka. Konon, Kama berarti banci. Hehehe… lah bukankah bakka berarti bego? Jadi Kamabakka = banci bego. Hehehe yah bisa jadi begitu. Tapi tak selucu namanya, penghuni Kamabakka merupakan ahli Kempo terkuat. Sanji harus bertarung dua tahun penuh melawan Sembilan puluh Sembilan banci kaleng di Kerajaan Kamabakka. Semuanya adalah ahli New Kama Kempo. Ancaman lainnya, anggota kama tak hanya bertarung untuk mempertahankan resep tapi juga memakaiakan Sanji pakaian perempuan. Hehehe… Bagi saya hal ini sangat kocak. Tentu saja Sanji tidak hanya melawan rakyat Kamabakka, ia juga harus melawan Raja (atau Ratu ya?) Kamabakka : Ivankov. Iva-chan juga merupakan salah satu komandan pasukan revolusi pimpinan Monkey D Dragon. Tak hanya melawan Magellan Pemakan Doku-Doku Nomi di Impel Down, Iva juga menghalau Akainu di Marine Ford. Tak bisa diragukan lagi bagaimana kekuatan Iva si Raja sekaligus Ratu Kamabakka ini. Ah, Hermaprodit agaknya mahluk satu ini.
Ketika mano o mano alias tarung satu lawan satu, baik Sanji dan Zoro sama-sama memiliki keinginan untuk saling mengalahkan. Tapi selalu berakhir seri. Salah satu contohnya adalah saat mereka bertarung di Kepualauan Sabaody setelah peristiwa Marine Ford. Untuk itu tetap sulit menentukan siapa terkuat di antara mereka berdua.
Sementara ini menurut saya Zoro yang terkuat. Sebab Sanji belum memperlihatkan kekuatannya diakhir ini. Baru Zoro yang bertarung secara spektakuler melawan raksasa Pica. Nah Sanji? Kita lihat kekuatan sesungguhnya di perang melawan Big Mom ini. Kalau Saya berharap dia melawan Katakuri. Hehehe…. Soalnya sama-sama keren. Atau setidaknya melawan kru Big Mom setingkat Katakuri. Kalau memang bisa mengalahkannya, Poin Zoro vs Sanji menjadi sama.